Minggu, 21 Juni 2015

Komunitas Pedagang Pasar Santa Munculkan Gerakan Sustainable Santa

Social Media Release
Pasar Santa

Suasana diskusi Pasar Santa
 
Seiring meningkatnya kesuksesan Pasar Santa, harga sewa kios di Pasar Santa juga terus meningkat. Harga sewa yang tadi nya Rp3,5 juta per tahun dianggap terlalu murah mengingat popularitas Pasar Santa saat ini., dan naik menjadi sekitar Rp25 juta. Pemilik kios menaikkan harga setelah melihat popularitas lantai 2 Pasar Santa, di mana para entrepreneur muda mengelola restoran, toko, atau warung kopi unik. Akibatnya, harga ini memberatkan pedagang kecil di lantai 1 atau basement Pasar Santa.

Dian Estey, perwakilan dari vendor Pasar Santa, menjelaskan dalam pertemuan untuk mendiskusikan keberlanjutan Pasar Santa, 22 Mei yang lalu, memberikan harga yang tinggi kemungkinan akan menyebabkan pedagang baru enggan untuk menyewa kios.

"Kami berharap pihak manajemen dapat mempertimbangkan harga yang bersahabat untuk penyewaan kios, karena apabila tidak, pedagang di seluruh tiga lantai Pasar Santa ini tidak dapat bertahan," jelas Dian dalam pertemuan yang dihadiri vendor lain Pasar Santa, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Marco Kusumawijaya Direktur Rujak Center for Urban Studies. 

Dengan memanfaatkan media sosial Change.org, komunitas pedagang Pasar Santa memperkenalkan gerakan Sustainable Santa sebagai upaya untuk mendapat dukungan masyarakat agar dapat mempertahankan keberlanjutan Pasar Santa.

Pedagang di basement Pasar Santa

Adapun dua lantai terbawah Pasar Santa, basement dan lantai 1, dihuni oleh pedagang sembako, baju, kain, dan mainan. Lantai 2 Pasar Santa digerakkan oleh para entrepreneur muda yang menjual makanan, kopi, dessert, ataupun barang-barang unik, yang tengah populer di kalangan masyarakat muda. 

Para pedagang berharap masyarakat yang menyukai Pasar Santa, baik untuk toko-toko unik di Lantai 2 maupun dagangan sehari-hari di dua lantai terbawah, bersedia mendukung petisi mereka melalui petisi Sustainable Santa mereka. Suasana keramaian dan keunikan Lantai 2 Pasar Santa dapat Anda saksikan melalui video berikut ini. (nbs)



***
Pasar Santa merupakan pasar modern yang dikelola oleh PD Pasar Jaya. Sejak tahun 2014, entrepreneur muda membuka kios toko atau restoran unik di lantai 2 Pasar Santa, dan mentransformasi Pasar Santa menjadi tempat nongkrong anak muda yang baru.

Instagram : @pasarsanta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar